Menu

Rabu, 15 Februari 2023

Dinamo Starter Rusak? Ini Dia Penyebab dan Perkiraan Harga 2023

Dinamo Stater Mobil memiliki peran penting sebagai alat untuk menghidupkan mesin. Cara kerja Dinamo Starter yaitu dengan mengubah energi listrik dari baterai menjadi energi gerak. Tujuannya untuk menggerakkan poros mesin melalui fly wheel. Sama dengan berbagai komponen mobil yang lainnya, Dinamo Starter juga dapat mengalami kerusakan seiring dengan bertambahnya usia Dinamo Starter mobil tersebut. Biasanya Dinamo Starter Mobil dapat mengalami berbagai kerusakan setelah masa pakai berkisar 3-5 tahun. Apabila anda merasa bahwa Dinamo Starter anda mulai bermasalah, maka artikel ini sangat cocok untuk anda baca. Lantaran dalam artikel ini berisikan mengenai ciri-ciri Dinamo Starter yang bermasalah, penyebab kerusakan, hingga perkiraan harga Dinamo Starter.

A. Ciri Dinamo Starter Mobil Bermasalah

Ciri utama dari Dinamo Starter mobil yang bermasalah yaitu mobil sulit untuk dinyalakan. Selain ciri tersebut, terdapat juga ciri lainnya. Adapun ciri-ciri lainnya yaitu sebagai berikut:

  1. Mesin mobil tidak dapat dihidupkan atau sulit dinyalakan: Ini mungkin merupakan tanda paling jelas bahwa Dinamo Starter bermasalah. Jika Anda memutar kunci kontak dan tidak ada reaksi atau mesin mobil sulit dinyalakan, kemungkinan besar ada masalah pada Dinamo Starter.
  2. Bunyi klik-klik ketika memutar kunci kontak: Jika Anda mendengar bunyi klik-klik ketika memutar kunci kontak, ini bisa menunjukkan bahwa solenoid pada Dinamo Starter bermasalah. Solenoid adalah komponen pada Dinamo Starter yang bertanggung jawab untuk memasok daya ke motor starter.
  3. Mesin mobil berputar lambat: Jika mesin mobil Anda berputar lambat saat Anda memutar kunci kontak, ini mungkin menunjukkan bahwa Dinamo Starter tidak menghasilkan cukup daya untuk memutar mesin. Ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, termasuk aki yang lemah atau Dinamo Starter yang bermasalah.
  4. Bunyi derik atau berdecit: Jika Anda mendengar bunyi derik atau berdecit saat memutar kunci kontak, ini bisa menunjukkan bahwa gigi pada Dinamo Starter tidak berfungsi dengan baik. Hal ini bisa disebabkan oleh gigi yang aus atau tidak terhubung dengan benar ke mesin.
  5. Jika Anda mengalami salah satu dari ciri-ciri di atas, sebaiknya segera periksa Dinamo Starter Mobil anda dan bawa ke bengkel Servis Dinamo terdekat untuk diperbaiki.

B. Penyebab Dinamo Starter Mobil Rusak

Dinamo Starter mobil yang bermasalah biasanya disebabkan oleh hal-hal berikut ini, yaitu:

  1. Memaksa Dinamo Starter untuk terus bekerja apabila anda terus memaksa Dinamo Starter untuk terus bekerja saat mestin tidak mau menyala menjadi penyebab utama kerusakan Dinamo Starter Mobil. Hal ini dikarenakan dengan memaksa Dinamo Starter maka dapat mengakibatkan Dinamo Starter menjadi panas dan berpotensi untuk membakar komponen-komponen lain di dalamnya.
  2. Carbon brush Dinamo Starter habis. Carbon brush pada Dinamo Starter habis juga dapat mengakibatkan Dinamo Starter mengalami kerusakan. Umumnya kerusakan ini terjadi ditandai dengan melemahnya putaran Dinamo Starter dan muncul suara-suara aneh saat mobil distarter.
  3. Aki yang bermasalah Adanya masalah pada aki atau baterai mobil juga dapat menyebabkan Dinamo Starter bermasalah. Hal ini dikarenakan suplai tenaga listri dari aki melemah yang mengakibatkan Dinamo Starter tidak dapat bekerja dengan optimal.

C. Perkiraan Harga Perbaikan Dinamo Starter

Sama seperti melakukan Servis Dinamo Alternator mobil, upaya untuk memperbaiki Dinamo Starter yang bermasalah atau rusak juga harus dilakukan di bengkel khusus Dinamo. Harga atau tarif yang dikenakan juga bergantung dari tingkat kesulitan dan kerusakan Dinamo Starter. Apabila Dinamo Starter tidak mengalami kerusakan yang cukup parah maka anda tidak perlu untuk mengganti komponen secara utuh untuk dapat menghemat biaya. Biasanya rentang harga untuk mempernaiki Dinamo Starter mobil yaitu sekitar Rp. 200.000,00 hingga Rp. 950.000,00. Akan tetapi apabila Dinamo Starter di mobil Anda mengalami kerusakan yang cukup parah maka Anda harus membeli Dinamo Starter mobil yang baru. Hal ini tentunya akan memasang tarif yang cukup dalam karena harga Dinamo Starter baru terhitung mahal.

D. Harga Dinamo Starter

Harga Dinamo Starter Mobil cukup bervariasi. Hal ini dikarenakan harga tergantung dari kelas, jenis mobil, dan juga merek mobil. Biasnaya harga Dinamo Starter mobil jenis baru lebih mahal dibandingkan dengan Dinamo starter mobil keluaran lama atau lawas. Perkiraan harga Dinamo Starter baru untuk mobil keluaran tahun 2000 ke atas yaitu sekitar Rp. 800.000,00 hingga Rp. 2.000.000. Perlu diingat juga bahwa harga Dinamo Starter tergantung dari tipe mobil dan merek komponen Dinamo Starter.

Blog Post

Related Post

Back to Top

Chat WhatsApp

Hubungi Kami Via WhatsApp

Chat Sekarang

Penayangan bulan lalu